Senin, 20 Januari 2014

Makalah tentang Pengenalan Java

BAB I
Pendahaulan

1.1                        Latar Belakang
Perkembangan dunia informasi dan teknologi sangat cepat pada
dasawarsa terakhir sejak dimulainya era millennium. Perkembangan itu salah
satunya ditandai dengan keberadaan aplikasi java yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan aplikasi java sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, game  dan sebagainya.
Selain keuntungan tersebut, keistimewaan lain aplikasi java adalah kemudahan akses atau pengoperasiannya yang dapat dilakukan
siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Maka tidak mengherankan
jika aplikasi java telah menjadi konsumsi publik sebagaian besar masyarakat
Indonesia.
Keberadaan aplikasi java telah menghadirkan nuansa tersendiri di tengah
masyarakat karena selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas
demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang paling ditonjolkan. Hal ini
tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian kebutuhan masyarakat. Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat masa kini.
Salah satu aplikasi yang ditawarkan oleh java  yang sekarang
digemari adalah
 opera mini, Game hp dan aplikasi lainnya  
yang difungsikan sebagai media komunikasi dunia maya dan hiburan.
jutaan penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini menjadikan
 aplikasi java 
sebagai alat komunikasi modern tanpa batas karena mengabaikan jarak, waktu,
dan tempat.Sehingga aplikasi java sering di gunakan untuk kehidupan sehari dan orang tergantung dengan adannya aplikasi java.



1.2                        Masalah
Aplikasi java merupakan aplikasi jaman modern yang banyak orang mengenal dengan adanya game dan aplikasi. Tapi banyak orang yang tidak mengenal java sehingga banyak orang yang mengalami kesulitan saat aplikasi tersebut mengalami problem. Kendala yang sering muncul kepada seseorang yang tidak tau aplikasi java adalah bekerja komunikasi,hiburan,informasi semakin lama di selesaikan dan terhalang dengan peralatan yang ada,padahal era milenium ini suatu pekerjaan di harapakan bisa diselesaikan dengan cepat akurat,tepat serta mudah dalam penggunaanya
1.2.1    Batasan masalah
Dari uraian latar belakang yang telah disampikan maka penulis memberi sejumlah masalah pada makalah sebagai berikut :
1.     Pengenalan java
2.     Manfaat menggunakan aplikasi java
3.     Tidak membahas pembuatan aplikasi java

1.2.2    Rumusan masalah
Dengan masalah-masalah yang disampaikan maka dapat disimpulkan:
a.     Bagaimana orang mengenal java?
b.     Apa keuntungan mengenal java?
c.      Mengapa orang mengenal java?

1.3                        Tujuan penelitian
Bagian awal ini akan mengajak Anda untuk mengenal lebih dekat Java. Lebih khusus lagi, kita akan mengeksplorasi komponen-komponen fundamental yang perlu sekali diketahui dan dipahami dengan baik. Diharapkan uraian ini nantinya dapat membantu memudahkan Anda ketika ingin mempelajari Java.
Tujuan dengan  mengenal aplikasi java di harapakan seseorang akan mendapatkan hal berikut ini:
1.     Mengetahui sejarah pembuatan java.(bagaimana)
2.     Membuat orang tertarik pada java.(apa)
3.     Mengetahui kekurangan dan kelebihan java.(apa)
4.     Mempermudah komunikasi antara sesama seberapapun jaraknya.(mengapa)
5.     Mendapatkan hiburan dan melatih kepekaan dalam memainkan permainan yang menghibur. (mengapa)
6.     Mempermudah mendapatkan informasi yang ingin kita cari.(mengapa)
7.     Mempercepat menyelesaikan tugas atau pekerjaan.(mengapa)
Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai sarana untuk mengikuti pesatnya perkembangan teknologi komputer di masa sekarang ini, salah satunya di dunia pemrograman yang sekarang semakin banyak diminati.Tujuan disusunnya makalah ini adalah untuk memnuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.



BAB II
TEKS UTAMA

2.1            SEJARAH JAVA
Tentunya Anda tidak asing lagi dengan nama Java, sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems. Di bagian awal ini, kita akan mengulas tentang sekilas Java yang ditinjau dari aspek lingkungan pengembangan dan produk. Diharapkan ulasan ini nantinya dapat memperjelas terminologi ataupun pernyataan-pernyataan yang kerap kali membingungkan, terutama bagi yang baru mengenal Java.
Bahasa Pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, 7 Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.

2.1.1    Sebuah Bahasa Pemrograman
Sebagai sebuah bahasa pemrograman, Java dapat membuat seluruh bentuk aplikasi,desktop, web dan lainnya, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai sistem operasi dan bersifat open source.
Java memiliki karakteristik berikut :
1.  Berorientasi objek (Object Oriented)
Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
2.. Terdistribusi (Distributed)
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanyalibraries networking yang terintegrasi pada Java.
3. Interpreted
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine(JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Javabytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
4. Robust
Java mempuyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.
5. Secure
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
6. Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform berbeda dengan Java Virtual Machine.
7. Portable
Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.  
8. Multithreaded
Java mempunyai kemampuan untuk membuat suatu program yang dapat melakukan beberapa pekerjaan secara sekaligus dan simultan.
9. Dynamic
Java didesain untuk dapat dijalankan pada lingkungan yang dinamis. Perubahan pada suatu class dengan menambahkan properties ataupun method dapat dilakukan tanpa menggangu program yang menggunakan class tersebut.
1. Pahami semua penggunaan keyword
Buatlah tabel keyword, kemudian centang yang telah anda kuasai.
Semua dicentang; Anda telah mengetahui menggunakan java (belum bisa untuk membuat aplikasi sesungguhnya).
Dalam mempelajari keyword java, Anda harus tidak sekedar bagaimana keyword tersebut digunakan tetapi
kenapa seperti itu?.
2. Java kaya dengan perpustakaan class-class-nya.
Java adalah pemrograman berobjek untuk dibuat objek
sehingga jika Anda menginginkan membuat sebuah program dengan tujuan tertentu maka anda harus bersusah payah
untuk mencampur banyak objek tersebut,memang susah, tetapi program yang kita buat lebih mudah untuk dikembangkan
sesuai dengan keadaan penggunaan program.
Yang menjadi masalah utama bagi setiap orang yang mempelajari java adalah tidak mengetahui fungsi dan bagaimana menggunakan kelas-kelas pustaka java tersebut, karena tidak tahu apa yang
mau dikombinasikan.Java tersebut dapat Anda gunakan, dengan demikian mengkombinasikan class tersebut hanya masalah logika saja. Karena setiap kita punya kemungkinan logika yang berbeda-beda tetapi mempunyai tujuan yang sama ,mungkin Anda melihat cara-cara penulisan yang berbeda, Anda harus menghargai itu, karena itu adalah pemikiran manusia.
Sekeder untuk meperjelas maksut poin 2:
Untuk membuat teh Anda harus tau:
+ gula : manis, bentuknya kayak pasir
+ air : cair, air ada yang panas, ada yang dingin
+ gelas : tempat air
+ sendok : mengaduk sesuatu
+ daun teh kering : dapat larut dalam air, cepar larut kalo airnya panas,
Mungkin Anda mengeluarkan pernyataan “’ saya sudah tau gula memang manis, air cair, dan tidak bingung kalau mau membuat teh”.
Memang benar, tapi coba Anda urutkan proses kehidupan Anda sejak lahir, apakah begitu terlahir Anda mengetahui gula itu
manis, air itu cair. Mungkin sewaktu Anda berumur 1 atau 2 bulan, pernah berusaha dengan sangat serius dan konsentrasi
Percaya diri, optimis bagaimana caranya bisa menggenggam air, tapi ternyata tidak bisa karena air itu bersifat cair. Mungkin juga
saat anda berumur satu tahun, pernah mengunyah cabe yang lucu dan imut-imut , kemudian Anda mengetahui betapa pedasnya
memakan cabe.Cerita ini menunjukan ada proses dan informasi yang anda terima untuk mengetahui bahwa gula itu manis dan air itu cair.Dengan pengetahuan anda tersebut maka Anda dapat membuat secangkir teh dengan rincian sebagai berikut:
“gelas yang diisi air yang berjenis panas yang dimasukan daun teh berjenis kering dan gula secukupnya,diaduk menggunakan sendok agar cepat larut”
Karena manusia yang selalu berpikir tentu akan mencari-cari cara agar teh dapat dibuat dengan lebih baik
dan nyaman, ternyata ditemukanlah saringan teh yang dapat memisahkan daun teh dengan airnya
sehingga didalam gelas tidak ada serat daun teh.
manusia yang berpikir dan tidak mau menerima begitu saja.Berpikir terus, ternyata saringan teh bisa digunakan dengan kertas khusus yang membungkus daun teh dan diberi tali beberapa cm, ini adalah teknologi baru. teknologi ini adalah teh celupTentunya kita tidak akan menemukan dari alam ciptaan Tuhan tiba-tiba ada secangkir teh yang. Tuhan menciptakan alam ini, kitalah berpikir bagaimana menggunakannya.Seperti itulah analogi bagaimana Anda memandang java.
 3. Program pada intinya digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, karena pekerjaan manusia sangat komplek.Maka banyak belajar dan membuat jenis program yang dibuat untuk kebutuhan manusia tersebut.

kelebihan
§  Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft WindowsLinuxMac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
§  OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.
§  Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
Kekurangan
§  Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak.
§  Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.


Manfaat aplikasi java

Aplikasi facebook
Facebook termasuk dari salah satu social networking platform yang paling populer. Jejaring seperti Facebook tidak hanya menghubungkan satu orang dengan orang lainnya di dunia tanpa batas, akan tetapi menciptakan komunikasi atas profil, kegemaran, dan terutama pencitraan. Tidak mengherankan apabila jejaring sosial (social networking) seperti Facebook sering dimanfaatkan untuk keperluan promosi, kampanye, bahkan propaganda. Tidak hanya untuk mengkomunikasikan citra individu, akan tetapi termasuk pula kelompok, organisasi, maupun produk. Di tahun 2008 lalu, Facebook bahkan mampu mengalahkan popularitas jejaring sosial ternama lainnya seperti MySpace, Friendster, dan Multiply. Siapapun bisa memanfaatkan ataupun mengoptimalkan Facebook Di sini disediakan dua buah ebook panduan menggunakan Facebook untuk pemula (for Dummies)dan tingkat lanjut (advanced user).

 Aplikasi online Facebook tidak hanya mampu mengkomunikasikan melalui pesan, akan tetapi mampu pula menciptakan komunikasi interaktif online. Di antara situs jejaring sosial, Facebook memiliki fitur yang paling lengkap. Mereka yang memanfaatkan aplikasi jejaring online Facebook tidak hanya individu, akan tetapi kelompok, organisasi, dan bahkan suatu negara. Tentunya kita masih ingat ketika Israel pernah memanfaatkan Facebook (bersama dengan Twitter) untuk membela kepentingan mereka di Jalur Gaza.


Aplikasi opera mini
Opera Mini adalah penjelajah web yang dirancang khusus untuk ponsel, dan juga untuk PDA Phone dan SmartphonePenjelajah Web ini tersedia dalam Java , AndroidWindows MobileiOSBlackBerry OS, UIQ3, Symbian, dan Zeebo. Opera Mini adalah sebuah aplikasi yang gratis, didukung melalui kemitraan antara para pengembang, yaitu Opera Software, situs aplikasi gratis Gamejump, situs web Yahoo, dan Mesin Pencari Google.
Opera Mini berasal dari penjelajah web Opera untuk komputer pribadi, yang telah tersedia untuk umum sejak 1996. Opera Mini pada awalnya dirancang untuk ponsel yang telah mampu terkoneksi atau tersambung ke jaringan internet. Opera Mini pertama kali diperkenalkan pada tanggal 10 Agustus 2005sebagai pilot project dalam kerjasama dengan stasiun televisi NorwegiaTV 2. Sehingga pada saat itu, Opera Mini hanya tersedia untuk pelanggan TV 2.
Opera Mini terbaru mempunyai fitur yang tidak ada pada browser bawaan ponsel biasa yaitu mengupload file secara langsung. Opera Mini terkenal akan dengan kecepatan browsingnya yang cukup cepat, biasanya lebih cepat daripada browser bawaan ponsel. Keunggulan lainnya dari Opera Mini adalahtarifnya yang relatif lebih murah dari browser bawaan milik ponsel ini dikarenakan Opera Mini dapat mengkompres suatu halaman sampai 90%. Keunggulan yang menarik ialah dapat menyimpan halaman website yang dianggap penting atau menarik oleh penggunanya, dan selanjutnya disimpan di folder yang telah dipilih pengguna pada memori telepon atau kartu memori. Opera Mini juga dapat menyinkronkan bookmark, dan tekan cepat ke akun milik anda diKomunitas Opera[2]. Versi Opera Mini 6 menyertakan fitur Share yang memungkinkan pengguna membagikan halaman yang dibaca ke account jejaring sosial FacebookTwitter, dan My Opera[3].
Aplikasi kamus
Aplikasi Kamus sangat berguna dalam berbahasa, tahap pembelajaran kamus berperan penting dalam memahami kosa kata. Semangat belajar berbahasa tentu dilengkapi fasilitas yang lengkap diantaranya kamus tebal yang di bawa-bawa sepanjang waktu. Anda tidak perlu repot lagi membawa kamus yang tebal, karena ada solusi jitu yang akan membantu untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan bahasa yang sulit untuk dimengerti. karena dengan menggunakan aplikasi kamus bisa mengurangi kepikunan sebab tanpa kita sadari aplikasi kamus mengajak  agar orang sedikit berfikir dan menganalisa tentang bahasa yang ingin di mengerti. Karena dengan berfikir dan menganalisa itu dapat mengurangi kepikun dalam usia yang sudah lanjut usia.
Sesuai dengan konsep belajar bahasa yang menyarankan agar kita praktek kapanpun dan dimanapun kita merasa senang untuk belajar Software kamus  ini ada dalam  versi sesuai dengan sistem yang lebih banyak dipakai oleh pengguna aplikasi mobile yaitu dalam bentuk Java.

Aplikasi game
Bermain game juga ada manfaatnya. Manfaatnya yang selama ini saya dapatkan adalah melatih kepekaan, melatih problem solving, berpikir logis dan kreatif, dan yang paling berpengaruh adalah secara tidak langsung kita belajar bahasa Inggris. Manfaat yang terakhir ini sungguh luar biasa, kita sebagai orang Indonesia sangat buruk dalam mempelajari bahasa Inggris tetapi dengan bermain game mau tidak mau kita harus belajar bahasa Inggris agar kita bisa memecakan permasalahan yang ada didalam pemainan game agar kiata bisa memenangkan game itu. Karena bahasa yang digunakan dalam game pada umumnya adalah bahasa Inggris, dan dialog, pengantar, tips, pilihan yang ada memakai bahasa Inggris, sehingga semakin sering kita bermain game, kita secara tidak langsung telah berlatih bahasa Inggris. Hasil penelitian menyebutkan bahwa para pemain game ini memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali. Manfaat dari bermain game juga dapat dirasakan bagi orang yang sudah tua atau dengan kata lain lanjut usia karena dengan bermain game bisa mengurangi kepikunan sebab tampa kita sadari game mengajak pemainnya agar sedikit berfikir dan menganalisa bagaimana cara menyelesaikan permain game. Karena dengan berfikir dan menganalisa itu dapat ngurangi kepikun dalam usia yang sudah lansia. Ternyata maksud dari semua pembuat game dan kebanyakan programmer game adalah berusaha melatih kepekaan, problem solving, dan logika pemain ketika dihadapkan pada suatu keadaan yang kurang menguntungkan, dibumbui dengan kejutan2 dan ketegangan yang memompa adrenalin dan emosi. Contohnya : KONAMI, pembuat game SILENT HILL, dan developer game2 yang lain ingin mengatakan bahwa “dalam keadaan serba sulit, asal kita mau berusaha, pasti ada jalan keluarnya”

Jadi manfaat dari bermain game, dapat disimpulkan dalam beberapa point sebagai berikut:
·         Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.
·         Membangun semangat kerja sama atau teamwork ketika dimainkan dengan gamers-gamers lainnya secara multiplayer
·         Bagi manula (lansia) , bisa mengurangi efek kepikunan.
·         Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak saat mereka mampu menguasai permainan.
·         Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan memecahkan masalah atau tugas
·         Membuat anak-anak merasa nyaman dan familiar dengan teknologi – terutama anak perempuan, yang tidak menggunakan teknologi sesering anak cowok.
·         Melatih koordinasi antara mata dan tangan, serta skill motorik.
·         Mengakrabkan hubungan anak dan orangtua. Dengan main bersama, terjalin komunikasi satu sama lain.
·         Bisa membantu memulihkan kesehatan untuk beberapa kasus penyembuha

sumber : wahyudigames.blogspot.com/





BAB III
Penutup
3.1  Kesimpulan

Dengan proses pengenalan java ini, maka dapat disimpulkan.
¨ Bahwa java adalah suatu aplikasi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari kita dan sangat membantu
¨ .java sebuah program yang dapat membuat berbagai aplikasi
¨ Bisa menjadi sarana hiburan yang menyediakan interaksi sosial.


3.2  Saran

Untuk mengenal lebih jauh tentan java belajar sejak dini karena java merupakan suatu program yang di buat untuk membuat aplikasi yang berguna bagi zaman modern saat ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar